Langsung ke konten utama

liburan ke kota jogja yang bikin baper banget


Bagi para pelancong yang mau berlibur ke Yogyakarta wajib banget untuk mengunjungi destinasi budaya berupa candi-candi. Candi-candi yang ada di Yogyakarta begitu elok, eksotis, kaya budaya dan sejarah sekaligus romantis. Berikut ini adalah candi-candi yang patut dikunjungi para pelancong di Yogyakarta.

Candi Prambanan
Siapa tidak mengenal Candi Hindu terbesar di Indonesia yang sudah ada sejak abad ke – 9 Masehi ?Sebagai Candi Hindu terbesar di Indonesia, eksistensi candi yang terletak di daerah Bokoharjo ini  sudah tidak dapat diragukan lagi. Candi Prambanan merupakan salah satu candi di Yogyakarta yang patut untuk dikunjungi para pelancong. Mengapa ?Candi Prambanan merupakan candi yang penuh sejarah dan budaya. Selain itu Candi Prambanan juga cocok sebagai destinasi wisata pendidikan. Di Candi Prambanan para pelancong bisa mempelajari sejarah maupun legenda yang mengalir di dalam tiap sudut candi. Selain itu pelancong juga dapat mengambil foto untuk sekadar koleksi liburan selama di Candi Prambanan.

Candi Prambanan terdiri atas tiga candi utama antara lain Candi Wisnu, Candi Brahma serta Candi Siwa. Menurut kepercayaan agama Hindu, ketiga nama candi tersebut merupakan bentuk atau simbol dari Trimurti. Selain itu tiap candi tersebut memiliki pendamping yakni Nandini sebagai pendamping Candi Siwa, kemudian angsa sebagai pendamping Candi Brahma serta garuda sebagai pendamping Candi Wisnu. Menurut kabar yang ada, pada masanya konon di candi inilah para Brahmana, murid serta pengikutnya berkumpul serta mempelajari kitab Weda.

Suasana candi yang tenang dan teratur akan membuat para pelancong merasa nyaman dan rileks ketika berada di sana. Rute perjalanan menuju destinasi wisata candi ini pun tidak sulit. Banyak kendaraan umum yang bisa mengantarkan para pelancong menuju candi ini salah satunya adalah Trans Jogja. Dari pusat kota Yogyakarta kita bisa menaiki bus Trans Jogja jalur 1A dengan biaya perjalanan hanya Rp.3.500,00 saja. Selain murah dan nyaman para pelancong yang berkunjung ke Candi Prambanan dengan menaiki bus Trans Jogja akan banyak menemukan turis mancanegara. Bisa banget lho sekalian uji coba bahasa Inggris kita !

Candi Boko atau Istana Ratu Boko
Konon katanya candi ini sudah mulai digunakan pada abad ke – 8 Masehi. Candi ini ada pada masa Wansa Syailendra dari kerajaan Medang. Candi yang memiliki gaya arsitektur keraton ini terletak pada 3 kilometer dari sisi selatan kompleks Candi Prambanan. Candi ini memiliki luas 250 meter persegi yang terdiri atas gerbang utama, candi pembakaran untuk jenazah, tempat untuk menghadap raja atau paseban, pendapa atau ruang tamu, tempat pemandian raja dan ratu atau yang kerap disebut sebagai kaputren serta goa.

Meski tidak sepopuler rekannya yakni Candi Prambanan, eksistensi Candi Boko atau Istana Ratu Boko tetap tidak dapat diragukan lagi. Keeksotisan candi ini pernah diabadikan dalam sebuah film Indonesia besutan Riri Riza berjudu Ada Apa Dengan Cinta 2. Iya, Candi Boko sempat menjadi saksi jalinan kisah asmara antara Rangga dan Cinta. Kira-kira mengapa lokasi Candi Boko dijadikan sebagai salah satu spot pengambilan adegan dalam kisah Rangga dan Cinta ?

Pada dasarnyanya selain dilingkupi dengan cerita cinta Prabu Boko dengan Prabu Dewatasari, Candi Boko merupakan tempat yang cocok untuk acara dating bersama pasangan. Suasana Candi Boko cenderung tenang dan romantis. Tapi tahukah bahwa sebenarnya ada mitos mengenai pasangan yang sedang merajut cinta dan nekat pergi ke Candi Boko bakalan putus ? Tapi terlepas dari itu, suasana Candi Boko memang betulan asyik dan tenang. Candi ini merupakan titik tempat yang bagus dan tepat untuk menyaksikan fenomena terbenamnya matahari. Untuk para maniak media sosial, tempat ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk mengambil foto. Jangan lupa pasang hastag pada caption supaya tempat ini makin eksis di seluruh dunia.


Candi Ijo
Bagi para pelancong yang kembali ingin mengulik destinasi wisata budaya sekaligus penuh sejarah lainnya, direkomendasikan untuk mengunjungi Candi Ijo. Candi ini terletak di bukit Ijo, Sambirejo , Prambanan, Yogyakarta. candi ini berada dalam kompleks Candi Boko dan sekaligus merupakan candi tertinggi yakni 410 meter dpl. Tidak seperti Candi Prambanan, candi ini merupakan perpaduan antara Hindu dan Budha. Keelokan candi ini menjadikannya sebagai salah satu spot foto yang baik khususnya para maniak media sosial terutama instagram dan path.

Bagi para pelancong, memasukkan ketiga nama candi di atas ke dalam daftar kunjungan candi-candi di Yogyakarta merupakan sebuah hal yang wajib. Menikmati pemandangan indah di sekitaran candi seperti menyaksikan terbenamnya matahari di langit senja dalam lingkup candi Ratu Boko merupakan salah satu anugrah indah dari Sang Maha Pencipta. Karena itu mari bersyukurlah bahwa hidup begitu indah.

Komentar

  1. Kangen dolan-dolan ke Jogja. Semoga Covid19 segera berlalu sehingga Kuliah, wisata dan ekonomi pulih lagi. Bisa ramai dan sehat semua Salam Jogja Online

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Destinasi Wisata Alam Terbaru di Yogyakarta Paling Indah dan Menarik

Yogyakarta dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia. Lekat dengan julukan kota wisata kedua setelah Pulau Bali, Yogyakarta memiliki beragam destinasi wisata alam yang mempesona. Keindahan alam di Yogyakarta meliputi pantai, sungai, danau hingga gunung mampu memikat hati para wisatawan. 10 Destinasi Wisata Alam Terbaru di Yogyakarta Paling Indah dan Menarik  Bagi Anda yang ingin berwisata untuk menyegarkan pikiran dari rutinitas harian, beberapa destinasi wisata baru di Yogyakarta dapat menjadi pilihan Anda. Apa saja destinasi wisata alam terbaru di Yogyakarta yang paling indah dan menarik? Berikut ini ulasannya: 1. Kebun Buah Mangunan  Kebun Buah Mangunan terletak di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Destinasi wisata ini sangat cocok digunakan sebagai tempat liburan Anda bersama teman-teman atau keluarga tercinta. Selain menikmati keindahan kebuh buah Mangunan, Anda juga dapat menyaksikan keindahan alam yang hijau daerah Bantul dari atas bukit.

Daftar Tempat yang Cocok untuk Anak-Anak Anda

Wisata Bareng Keluarga di Yogyakarta? Ini Daftar Tempat yang Cocok untuk Anak-Anak Anda - Liburan merupakan hal yang sangat menyenangkan, khususnya untuk anak-anak, momen yang pas saat musim liburan anak sekolah seperti sekarang ini adalah merencanakan liburan bersama keluarga. Merencanakan sebuah liburan yang  menyenangkan tentunya tak melulu mengeluarkan dana yang  besar. Nah..untuk  kamu yang kebetulan  merencanakan  liburan  ke kota gudeg  Yogyakarta tentunya banyak sekali pilihan  tempat-tempat wisata yang menawarkan sarana edukasi untuk anak. Dengan begitu,  bukan hanya  manfaat dari liburan  saja  yang  di peroleh tetapi tentunya anak-anak bisa bermain sambil belajar. Berikut beberapa referensi  destinasi wisata bersama  keluarga di Yogyakarta, siapa tahu bisa menjadi pilihan kamu nantinya. 1.Museum Benteng Vrederburg Museum  Vrederburg menjadi destinasi yang pas saat kita mengunjungi kota gudeg. Di dalam museum ini kita diajak untuk betamasya kembali ke masa lalu,  untu